3 Basic Skincare yang wajib ada
Anda memiliki peran yang krusial dalam hal basic treatment pasien. Basic treatment merupakan perawatan dasar untuk menjaga kesehatan kulit pasien anda dengan menggunakan Facial Wash, Sunscreen & Moisturizer.
16 January, 2024 by
3 Basic Skincare yang wajib ada
DIVA

Sebagai Dokter kecantikan, anda memiliki peran yang krusial dalam hal basic treatment pasien. Basic treatment merupakan perawatan dasar untuk menjaga kesehatan kulit pasien anda dengan menggunakan Facial Wash, Sunscreen & Moisturizer. Lebih lengkapnya Simak penjelasan di bawah!
Facial Wash adalah langkah pertama dalam rutinitas skincare. Penting untuk memilih produk yang tidak hanya membersihkan, tetapi juga menjaga kelembaban kulit. Facial Wash yang tepat akan membersihkan tanpa menyebabkan kekeringan atau ketidaknyamanan. Dokter kecantikan dapat memberikan rekomendasi terbaik sesuai dengan jenis kulit pasien.
Setiap hari kulit wajah kita terpapar dengan kotoran (dirt agent) yang jika tidak dibersihkan dapat menyebabkan kulit tampak kusam, bahkan tak jarang inflamasi! Solusi untuk hal ini adalah Facial Wash.
Pilihlah Facial Wash yang tidak hanya membersihkan, tetapi juga menjaga kelembaban kulit. Facial Wash yang tepat akan membersihkan tanpa menyebabkan kekeringan atau ketidaknyamanan. Tentunya anda dapat memberikan rekomendasi terbaik sesuai dengan jenis kulit pasien.




Facial Wash yang tepat memiliki sifat membersihkan & menjaga kelembaban. (Source: envato)


Selain masalah dirt agent, kulit wajah kita juga dapat rusak akibat paparan UV (ultra-violet) matahari, terutama UVB & UVA. UVB mampu menembus epidermis dan menyebabkan PIH (Post-Inflammation Hyperpigmentation). Sedangkan UVA mampu menembus lebih dalam lagi (dermis) dan menyebabkan PIE (Post-Inflammation Erythema), aging & kerusakan DNA. Sehingga dibutuhkan sunscreen untuk mengatasi hal ini.
Pastikan pasien anda memiliki Sunscreen dengan minimal SPF 30 dan PA+++, dan mengandung bahan aktif yang bersifat soothing atau calming. Ini membantu melindungi kulit mereka dari kerusakan akibat sinar matahari dan mencegah iritasi.




Selalu siapkan sunscreen untuk lindungi kulit dari UVB, UVA & Blue-Light. (Source: envato)

Kemudian Dokter juga harus pahami bahwa dalam konsep Cantik Natural, kelembaban alami kulit adalah hal yang penting. Karena kelembaban alami kulit berhubungan dengan fungsi proteksi, hidrasi & pengikat antar sel kulit. Fungsi ini dapat dijaga dan dioptimalkan dengan penggunaan Moisturizer.
Dalam pemilihan Moisturizer, pastikan produk tersebut tidak comedogenic dan tidak menyebabkan iritasi. Silahkan anda lakukan assement kulit pasien anda nanti, apakah mengalami dry skin / sensitive skin? Jika ada, kembalikan dulu kelembaban alamiya dengan Moisturizer!



Jaga kelembaban kulit dengan moisturizer agar kulit cantik natural. (Source: envato)

Dengan pemahaman basic skincare ini, anda dapat memberikan hasil terbaik kepada pasien dalam mencapai kulit yang sehat dan bersinar. Sebuah perjalanan kecantikan yang lengkap dimulai dari tiga basic skincare yang tak tergantikan ini.
MAKE THEIR BEAUTY HOPE COMES TRUE!

Referensi:
Syaharani, Cut Puspita Salsabila et al. 2023. A Systemic Review: Formulation of Facial Wash Containing Essential Oil. Journal of Patchouli and Essential Oil Products, Vol 2, No 1.
Fattima, Sakeena et al. 2020. The Role of Sunscreen in Melasma and Postinflammatory Hyperpigmentation. Indian Journal of Dermatology;65;5-10.
Nolan, Katherine. Marmur, Ellen. 2012. Moisturizers: Reality and The Skin Benefits. Dermatologic Therapy, Vol 25, 229-233.


3 Basic Skincare yang wajib ada
DIVA 16 January, 2024
Share this post
Tags